[JAKARTA – 19/8/17] Bulan Agustus merupakan bulan spesial bagi keluarga besar GM-MarKA. Selain 17 Agustus yang merupakan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 21 Agustus adalah tanggal berdirinya GM-MarKA. Agar momentum ini terasa lebih spesial, maka peringatan hari jadi GM-MarKA yang ke-11 dimajukan menjadi tanggal 19 Agustus 2017, yang mana tanggal tersebut merupakan pertengahan antara tanggal 17 dan tanggal 21. Peringatan 11 Tahun GM-MarKA ini diselenggarakan di Loko Kiosk Reska stasiun Mangga Besar. Selain GM-MarKA sebagai induk, OpenBVE Indonesia sebagai sub-komunitas GM-MarKA yang bergerak di bidang simulasi kereta api juga turut ambil bagian untuk launching website Sentral OBINEW dan gathering nasional di hari dan lokasi yang sama.

Launching Website GM-MarKA
Tepat pada pukul 15.00, website baru GM-MarKA diresmikan. Berbeda dari yang sebelumnya, website baru ini menggunakan domain profesional sendiri. Launching ditandai dengan mengakses website bersama-sama yang dilakukan oleh beberapa pengurus GM-MarKA menggunakan perangkat masing-masing. Website yang sekarang bisa kita nikmati ini dilengkapi dengan berbagai informasi penting terkait GM-MarKA dan juag database sarana kereta api Indonesia. kedepannya, halaman download juga akan diisi dengan file-file penting yang bisa diunduh oleh siapa saja yang membutuhkan. Sementara halaman gallery akan memuat berbagai foto kegiatan GM-MarKA maupun foto kereta api secara umum.

Launching Provodnik Meet Club
Terkendala berbagai kesibukan yang kini menyelimuti hampir seluruh pengurus dan member GM-MarKA Group, pertemuan rutin adalah sesuatu yang agak sulit dilakukan. Namun setelah 11 tahun bersama, kerinduan akan “ngumpul bareng” itu hadir kembali. Provodnik Meet Club adalah sebuah pertemuan rutin mingguan yang digagas oleh direktur utama GM-MarKA. Mempertimbangkan jadwal kosong para pengurus dan member, maka pertemuan ini normalnya akan diadakan setiap Sabtu siang. Konsep pertemuannya tetap “ngumpul bareng” yang santai dan gayeng, tetapi dalam setiap obrolannya terdapat sharing pengetahuan yang bermanfaat. 19 Agustus 2017 merupakan launching sekaligus pertemuan perdana Provodnik Meet Club. Kata “Provodnik” sendiri adalah istilah dalam perkeretaapian di negara-negara ex-Uni Soviet untuk staf di dalam kereta api yang bertanggung jawab atas segala hal di keretanya selama dalam perjalanan. Nama Provodnik dipilih untuk pertemuan rutin GM-MarKA karena keberagaman sub-komunitas di bawah naungan GM-MarKA. Bisa dikatakan bahwa selama 11 tahun berjalan, GM-MarKA telah mendiskusikan segala hal tentang kereta api. Hasil dari setiap pertemuan Provodnik akan dirangkum dalam pemberitaan di website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.